Kamis, 04 Juni 2015

Bayi Prematur

Pengertian bayi prematur adalah bayi yang lahir belum waktunya. Bayi yang lahir prematur ini biasanya yang lahir dalam waktu 37 minggu atau kurang dari pada waktunya sehingga bayi prematur itu akan mengakibatkan antara lain ; berat bayi kurang dari semestinya, kulit akan tampak keriput dan berwarna merah, daya hisap lemah sehingga belum bisa menghisap asi, kuku belum melewati ujung jari dan pernapasan lemah, otot-otot lunak. Hal-hal ini yang menyebabkan angka kematian bayi yang lahir prematur cukup tinggi.

Sedangkan bayi yang lahir normal atau tepat waktunya berkisar antara 40 minggu dan biasanya dikatakan bayi itu sehat. Dan berat badan bayi sehat berkisar antara 2.500 gram sampai 4.000 gram. Bayi prematur adalah bayi yang lahir belum waktunya sehingga memerlukan suhu panas yang stabil yaitu pada batas normal 290C sampai dengan 370C. Keseimbangan panas yang lama ini menurut hasil penelitian tergantung dari berbagai faktor yaitu :
1. Suhu udara sekitarnya
2. Kekuatan arus sekitarnya

Menurut Evelyn C dalam buku Anatomi dan Fisiologi untuk paramedis penyebab bayi yang lahir prematur ini, secara garis besar disebabkan oleh 2 faktor, yaitu :

1. Faktor Ibu
a. Adanya penyakit yang berhubungan langsung dengan kehamilan yang diderita oleh sang ibu.
b. Usia dari sang ibu yang relatif lebih muda, angka kelahiran prematur yang tinggi yang dialami oleh sang ibu yang berumur dibawah 20 tahun.
c. Keadaan sosial ekonomi yang lemah sangat berperan terhadap kelahiran prematur.

2. Faktor Janin
Kelahiran multiple (kembar) umumnya mengakibatkan lahirnya bayi dengan berat badan yang rendah. Agar bayi prematur tersebut dapat terus hidup seperti bayi-bayi normal lainnya, maka perlu diberikan perawatan khusus dengan memasukannya kedalam inkubator serta memberikan suhu ruang yang normal dan stabil serta mengisolasi bayi agar terhindar dari berbagai macam penyakit karena bayi prematur sangat rentan terhadap penyakit.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates